KONSEP POLIS UNIT LINKED
1. Polis Unit Linked secara umum
Polis asuransi jiwa unit linked dikenalkan sebagai satu cara ber investasi dimana nilai investasi langsung dikaitkan dengan kinerja investasi. Pada umum nya cara mengkaitkan nilai investasi dengan polis asuransi jiwa adalah memberikan nilai unit dimana total dana unit tersebut dikelola oleh perusahaan asuransi jiwa. Cara lain adalah mengkaitkan unit dengan reksa dana, dimana nilai unit secara langsung mewakili nilai assst dari dana tersebut dan berfluktuasi mengikuti kinerja investasi tersebut.

Semua atau sebagian premi akan dipergunakan untuk membeli unit dengan mempergunakan harga yang berlaku pada saat pembayaran premi. Nilai yang akan dating (future value) akan berfluktuasi sesuai dengan pengalokasian unit, tergantung dari jenis dana investasi yang dipilih oleh nasabah.

2. Karakteristik Polis Unit Linked
Pada dasarnya karakteristik dari polis unit linked adalah sebagai berikut:
a. Polis unit linked dapat digunakan sebagai alat investasi, tabungan dan proteksi. Elemen proteksi dapat dalam bentuk, Meninggal, cacat tetap baik karena sakit ataupun kecelakaan, sakit kritis, kecelakaan ataupun rawat inap rumah sakit.

b. Polis unit linked pada umumnya (tidak selalu) memiliki elemen investasi saham yang besar dibandingkan dengan polis tradisional lainnya.

c. Manfaat proteksi dijamin sesuai dengan ketentuan polis, sedangkan nilai tunai ditentukan oleh asset investasi yang bersangkutan yang di refleksikan dalam bentuk harga unit.

d. Biaya proteksi pada umum nya terpenuhi dengan membebankan biaya sesuai dengan usia dan besarnya proteksi. Biaya dibebankan dengan melakukan pengurangan jumlah unit dari dana yang tersedia, kecuali untuk premi tunggal, biaya dikenakan melalui biaya awal.

3. Jenis Polis Unit Linked
Polis unit linked pada dasarnya dibedakan atas polis unit linked premi tunggal dan polis premi berkala.

a. Polis Unit Linked Premi Tunggal (Single Premium)
Premi Tunggal adalah premi yang digunakan untuk membeli unit bagi unit linked. Umumnya penekanan produk ini adalah investasi jangka panjang. Tidak ada jangka waktu tertentu untuk polis ini, sehingga merupakan polis asuransi seumur hidup. Dapat melakukan Top Up (Penambahan dana) dan penebusan dana sebagian atau seluruhnya.

b. Polis Unit Linked Premi Berkala (Regular Premium)
Polis ini memiliki dua tujuan utama:
- Investasi
- Proteksi.
Cuti premi (premium holiday) dan penambahan investasi (Top Up) tergantung dari perusahaan asuransi, tetapi pada umumnya diperbolehkan. Penarikan dana (penarikan sebagian dana melalui penarikan unit) atau penebusan polis (penarikan seluruh dana) diperbolehkan, biasanya sesudah premi dibayarkan selama beberapa tahun. Fasilitas untuk merubah besarnya proteksi juga merupakan spesifikasi produk yang umumnya diperbolehkan.
posted by Merlin SE, MM @ 7:44 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Berita terbaru...
PRULINK ASSURANCE ACCOUNT (PAA)
INVESTASI
PRODUK ASURANSI JIWA - INVESTMENT LINK
MENGAPA ORANG MEMBELI ASURANSI ?
SURAT CINTA YANG PALING TULUS
High Way to Success
Kontak Info
MERLIN, SE., MM
Arsip
August 2007
October 2007
Place your Ads!!




web counter
video slots